Pages

Friday, January 15, 2010

Antara Kulit dan Isi

Antara Isi dan Kulit


Rapat pansus angket Bank Century kemarin menghadirkan mantan wakil presiden Jusuf Kalla sebagai saksi. Kesaksian yang diberikan oleh Jusuf Kalla mendapat berbagai reaksi baik dari pengamat ekonomi maupun dari masyarakat.

Secara umum kesaksian Jusuf Kalla tersebut dinilai sebagai kesaksian yang jujur dan telah memberikan titik cerah akan terselesaikannya kasus Bank Century tersebut. Kesaksian Jusuf Kalla yang secara garis besar bertolak belakang dengan kesaksian Budiono dan Sri Mulyani, dinilai akan memberikan solusi yang paling baik dalam penuntasan kasus tersebut.

Dalam hal ini, aspek penilaian yang diberikan masyarakat agaknya berbeda dengan penilaian para pengamat politik maupun anggota pansus. Masyarakat menilai bahwa kesaksian JK tersebut benar mungkin saja bukan berdasarkan substansi kesaksiannya, melainkan berdasarkan profil JK yang dikenal tegas dan bersahaja. Dengan kata lain, masyarakat lebih memilih menilai kulit daripada isi. Masyarakat lebih memilih mempercayai JK dibanding dengan mantan gubernur BI, Budiono maupun mantan Menteri Keuangan yang juga adalah ketua KSSK pada saat itu, Sri Mulyani.

Semoga saja, kesaksian demi kesaksian yang diperoleh anggota pansus dari beberapa saksi yang
telah dimintai keterangan, akan menghasilkan solusi yang terbaik atas kasus tersebut.

Selamat Pak JK !, karena rakyat tetap lebih percaya kepada anda dibanding kepada para pejabat
pemerintahan sekarang.

No comments:

Post a Comment